Lost in Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau kecil nan cantik di Lombok. Meski begitu, banyak jalan kecil atau gang di sana yang membingungkan saat mencari penginapan. Bisa-bisa tersesat!

Nama Gili Trawangan sangatlah bergema sebagai tujuan berlibur yang memiliki daya tarik memikat. Suasana yang khas, pantai yang indah, laut biru. Siapa sih yang tidak ingin ke sana. Terpikat berbagai cerita tanpa ragu, saya rencanakan untuk membuktikan saat pertama kali ke Lombok.

Berbagai persiapan sudah saya lakukan, antara lain membooking penginapan. Menyadari tanggal tiba bersamaan liburan hari raya pastilah penginapan akan penuh, karenanya harus booking jauh-jauh hari. Dari sekian banyak piihan yang sempat membuat saya terkejut, akhirnya melalui salah satu jaringan hotel online menetapkan pada salah satu cottage.

Menyesuaikan dengan budget dan kenyamanan menjadi pertimbangan saat mengambil keputusan. Pembayaran lunas segera saya lakukan tanpa harus melihat lokasi. Lagi-lagi pertimbangan bakalan penuh dan jadi rebutan, dengan lunas membayar berarti ada kepastian.

Cukup yakin dengan peta lokasi yang diperoleh secara online, seorang diri ke Gili Trawangan (solo traveling) maka percaya diri tidak akan kesulitan mencari penginapan. Namun kenyataannya setelah tiba di lokasi? Astaga sangat ramai sekali. Pertanyaan saat itu harus ke mana rah kaki melangkah setelah keluar dari dermaga kecil. Jurus ‘jangan malu bertanya’ saya terapkan. Astaga ternyata yang kutanyakan tidak tahu. Padahal saya yakin bertanya bukan kepada sesama pendatang.

“Di sini banyak sekali hotel baru. Banyak sekali gang-gang. Kenapa tidak di tanyakan letak persisnya. Apakah tidak ada nomor telepon yang bisa di hubungi?” Jawab salah satu warga yang balik bertanya saat yang ke sekian kalinya saya tanya. Barulah menyadari sikap meremehkan dan rasa percaya diri sebelum berangkat. Ternyata nomor telepon hotel yang diberikan tidaklah aktif. Sulit sekali minta petunjuk.

Akhirnya setelah letih keluar masuk beberapa gang dan jalan kecil, membawa 2 tas besar dan terik matahari, ada seorang warga yang merasa iba dan menanyakan nama hotel saya menginap. Sayangnya setelah saya jawab dia juga tidak tahu. Satu jawaban yang diberikan sebaiknya memakai Domo, semacam andong atau dokar, transportasi khas di Gili Trawangan. Biasanya kusir tahu. Saran yang tepat.

Tidak lagi berpikir biaya yang cukup mahal, saya coba menghentikan domo yang terlihat kosong. Ternyata tidak semuanya mau meski saya siap membayar. Alasan sudah di booking. Wah apakah ada semacam seleksi terhadap calon penumpang, begitu pikiran galau di saat keletihan. Akhirnya Domo ketujuh mau menerima tawaranku. Itupun setelah saya memastikan sang kusir tahu.

Pasrah mengikuti kusir Domo mengendalikan sang kuda melewati gang-gang, akhirnya ketemu juga. Astaga ternyata saya tersesat. Seharusnya setelah turun dari kapal, keluar dermaga saya melangkah ke kanan, namun saya justru melangkah ke kiri. Pantaslah saya tersesat jauh. Lega, itulah perasaanku begitu tiba di penginapan. Penuh perjuangan.

Pengalaman berkesan ini tetap ada hikmahnya juga. Setidaknya bisa memberikan saran bagi wisatawan yang baru pertama kali. Jika sudah memilih penginapan terutama tidak persis di pinggir pantai, tanyalah lebih detail ke petugas penginapan letak persisnya.

Tentu tujuannya agar waktu tidak terbuang percuma hanya untuk mencari penginapan. Gunakan domo meski harus mengeluarkan biaya cukup besar jika memang tidak yakin letak penginapan yang sudah di pilih. Apalagi saat musim liburan, akan sangat ramai dan cukup membingungkan. Akan lebih baik jika ada petugas hotel yang berkenan menjemput di dermaga. Selamat dating di Gili Trawangan.

Leave a Reply

